Sejarah dan Perkembangan Sistem Teknologi Informasi

 SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI





Disusun oleh :

Nama : Alif Aprilian

NPM   : 10119502

Kelas  : 2KA11

 

 

FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI

JURUSAN SISTEM INFORMASI

UNIVERSITAS GUNADARMA

2020

 

DAFTAR ISI

Daftar Isi

                     I.          BAB I : Pendahuluan

                          A.     Latar Belakang

                     II.        BAB II : Isi Paper

                          A.     Sejarah dalam Sistem Teknologi Informasi

                          B.     Perkembangan dalam Sistem Teknologi Informasi

Sumber Pustaka

 

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN SISTEM TEKNOLOGI INFORMASI


BAB I : Pendahuluan

      A.     Latar Belakang

Sistem informasi adalah suatu sistem kerja yang kegiatannya ditujukan untuk pengolahan (Menangkap, Transmisi, Menyimpan, Mengambil, Memanipulasi dan Menampilkan) Informasi. Dengan demikian, sistem informasi berhubungan dengan sistem data di satu sisi dan sistem aktivitas di sisi lain. Sistem Informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

Sistem Informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin Sistem Informasi dan Organisasi Informatika. Sistem Informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari Manusia, Perangkat lunak, Perangkat keras, Jaringan komunikasi dan sumber data dalam Mengumpulkan, Mengubah, dan Menyebarkan Informasi dalam Organisasi.

Tujuan dari Sistem Informasi adalah menghasilkan Informasi. Sistem Informasi selalu melibatkan data-data penting dimana data yang diolah menjadi bentuk yang berguna bagi para pemakainya. Data yang diolah saja tidak cukup dapat dikatakan sebagai suatu Informasi. Untuk dapat berguna, maka informasi harus didukung oleh tiga pilar, yaitu Tepat kepada orangnya atau Relevan (Relevance), Tepat waktu (Timeliness), dan Tepat nilainya atau Akurat (Accurate). Keluaran yang tidak didukung oleh tiga pilar ini tidak dapat dikatakan sebagai informasi yang berguna, tetapi merupakan Sampah (Garbage).

BAB II : Isi Paper

      A.  Sejarah dalam Sistem Teknologi Informasi

Penggunaan Teknologi Informasi pada suatu Sistem Informasi mulai berkembang sekitar tahun 1960an. Pada periode tersebut, Sistem Informasi yang digunakan masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan karena Teknologi perangkat keras maupun perangkat lunak masih sangat jauh jika dibandingkan dengan kondisi sekarang. Tujuan utama Sistem Informasi pada saat itu adalah untuk melakukan Otomatisasi proses bisnis yang berjalan pada organisasi.

Pada periode sekitar tahun 1970an, Sistem Informasi sudah lebih berkembang. Perkembangan Sistem Informasi saat itu didominasi dari sudut pandang data. Teknologi basis data saat itu berkembang cukup pesat. Jadi, fokus utama pada Sistem Informasi saat itu adalah Penyimpanan dan Pengaksesan data. Pada saat itu Sistem Informasi biasanya masih digunakan pada suatu bagian organisasi, khususnya bagian keuangan. Oleh karena itu, kita sekarang sering kali melihat pada suatu Organisasi, Departemen atau bagian Sistem Informasi (Dapat juga disebut bagian Teknologi Informasi) berada di bawah departemen keuangan.

Pada periode tahun 1980an, Sistem Informasi berkembang lebih ke arah CSCW (Computer Support Cooperative Work). CSCW adalah aplikasi yang mendukung kerjasama dalam organisasi. Contohnya, Pemanfaatan Email, Dokumen Editor, dan lain-lain. Pada periode ini, Sistem Informasi mulai mengarah ke bentuk Client Server. Selain itu, pada periode ini pemanfaatan Sistem Informasi sudah mulai bertambah luas. Sistem Informasi sudah dimanfaatkan pada bermacam-macam bagian organisasi. Contohnya, Bagian Keuangan, Sumber Daya Manusia, Pemasaran, dan lain-lain.

Pada tahun 1990an, internet berkembang sangat cepat. Perkembangan tersebut juga mendorong perkembangan Sistem Informasi. Sistem Informasi mulai dimanfaatkan Teknologi Internet maupun Teknologi Web. Pada saat itu usaha untuk membuat suatu Sistem Informasi yang terintegrasi untuk seluruh organisasi sudah mulai dilakukan. Perusahaan-perusahaan perangkat lunak besar di dunia juga mulai mengembangkan Sistem Informasi yang disesuaikan dengan best practice yang ada, misalnya aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning), CRM (Customer Relationship Management), SCM (Supply Chain Management), dan lain-lain.

Pada tahun 2000an, Sistem Informasi berkembang semakin pesat. Perkembangan ini didorong dengan semakin berkembangan Teknologi Internet, dengan kapasitas semakin besar dan harga yang semakin murah. Sudah banyak organisasi yang telah mengintegrasikan Sistem Informasi mereka dengan Sistem Informasi Organisasi lain untuk mendukung kegiatan organisasi tersebut.

Pada masa mendatang, Sistem Informasi akan semakin berkembang lagi. Perkembangan Teknologi dan perubahan dunia usaha yang sangat cepat, mendorong organisasi untuk mengembangkan suatu Sistem Informasi yang mampu beradaptasi dengan cepat menghadapi perubahan tersebut. Sistem Informasi tersebut juga harus dapat diintegrasikan dengan bermacam-macam sistem yang lain agar kinerja organisasi menjadi lebih efisien.

      B.     Perkembangan dalam Sistem Teknologi Informasi

Di masa sekarang ini peranan Teknologi Informasi semakin  penting karena dengan seiring perkembangan-nya, banyak manusia melakukan pekerjaan dengan menggunakan komputer maupun menggunakan handphone untuk berkomunikasi. Namun hal tersebut juga harus dapat diimbangi dengan kesadaran dalam menggunakan Teknologi Informasi untuk kepentingan yang positif, sehingga perkembangan Teknologi Informasi di Indonesia cukup berkembang.

Adapun perubahan Tren dalam perkembangan Teknologi Informasi pada masa kini, yaitu :

1.     Social Gaming

Dampak perkembang Facebook di tahun 2010 ditampilkan lebih seru dengan berbagai game seru yang bermunculan, sehingga pertumbuhannya melebihi pertumbuhan media sosal yang populer lainnya.

2.     Body Motion Sensor

Sekarang ini game akan lebih asik lagi dimainkan dengan menggunakan gerakan anggota tubuh seperti tangan, kaki, dan badan. Bahkan di PC kini sudah tersedia beberapa sotfware yg memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcame.

3.     Augmented Reality

Augmented Reality merupakan perkembangan game dengan menggabungkan dunia reality dan dunia game dalam satu simulasi, selama ini Augmented Reality hanya populer di PC saja, namun sekarang mulai merambah ke Mobile Gadget.

4.     Internet TV (Net TV)

Net TV, yaitu menonton video, klip musik dari konten-konten yang tersedia di internet, dan diakses dari ISP (Internet Service Provider) manapun, biasanya tanpa perlu berlangganan dan kualitas rendah karena konten ini dibuat secara amatir. Menonton Net TV bisa dilakukan dari laptop, PC, atau HP kapan saja dan dimanapun, serta dapat dimajukan, dipause ataupun disimpan untuk dilihat kembali kemudian. Contohnya adalah YouTube. Di YouTube kita bisa menonton apapun. Bila butuh hiburan saat jenuh di kantor ataupun sambil menunggu antrian, kita dapat melihat video yang ada di YouTube dan situs lainnya yang juga menyediakan tempat untuk menampung video-video buatan para amatir.

5.     Internet Protocol TV (IPTV)

IPTV, merupakan teknologi terkini dengan menyajikan konten kualitas tinggi, biasanya hanya dapat diakses dengan cara berlangganan pada salah satu ISP (Internet Service Provider). IPTV memungkinkan kita untuk menonton acara premium seperti HBO, Disney Channel ataupun konten Free To Air (FTA) seperti RCTI, SCTV dan lainnya di rumah dengan menggunakan internet protokol dengan kecepatan tinggi sehingga memberikan kualitas gambar yang lebih baik. Selain acara TV berbayar dan free tersebut, biasanya ada juga konten-konten berkualitas yang diproduksi ataupun khusus disediakan oleh ISP (Internet Service Provider) untuk edukasi, entertainment dan lain-lain yang dapat disimpan, pause, ataupun forward.

6.     Mobile Payment

Semakin maraknya Sosial Media dan Toko Online kini mulai memicu penggunaan Mobile Payment atau pembayaran online melalui HP. Karena untuk memudahkan proses transaksi bagi pengguna. Seperti Go-Pay, Ovo, Tcash, BCA Klikpay, Doku wallet, Dana, dan lainnya.

7.     Video Conference

Dalam artikel, Simon Dudley, Head of Product Strategy and Sales Enablement Video Collaboration Logitech menyebutkan dalam 5 tahun mendatang video conference akan menjadi tren. Bila menghitung prediksi yang dikatakan Simon Dudley pada rentang waktu tahun 2018, seharusnya 5 tahun mendatang adalah tahun 2023. Kenyataannya, tren video conference sudah digunakan sekarang ini. Penyebabnya tren ini lebih cepat muncul karena adanya pandemi covid-19. Semua negara sedang berusaha pulih dari pandemi. Orang-orang mulai dibatasi keluar rumah, para pekerja bahkan terkena imbasnya dan mau tidak mau, jadwal meeting yang biasanya dilakukan di kantor, kini harus dilakukan di tempat yang berbeda. Selain pandemi covid-19 yang paling berpengaruh mempercepat tren, ada 3 hal lain juga yang membuat video conference menjadi paling banyak digunakan sekarang ini. Mulai dari Manfaatnya yang lebih meluas, Kehadiran perangkat yang lebih mudah dan Ketersediaan layanan yang lebih banyak. Seperti Zoom, Skype, Microsoft Team, atau hingga Google Hangouts yang ngebranding kembali dengan nama Google Meet. Semua aplikasi tersebut, sangat mudah digunakan dan bahkan bisa diinstal hanya lewat smartphone.

 

Sumber Pustaka

Sistem Informasi. 2016. Sejarah Sistem Informasi. (Online), (http://www.sistem-informasi.xyz/2016/06/sejarah-sistem-informasi.html, diakses 12 Oktober 2020).

Wikipedia. 2020. Sistem Informasi. (Online), (https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi#:~:text=Sistem%20Informasi%20(SI)%20adalah%20kombinasi,algoritmik%2C%20data%2C%20dan%20teknologi, diakses 12 Oktober 2020).

Biskom.web.id. 2011. Mengenal Internet TV dan Internet Protocol TV, (Online), (http://www.biskom.web.id/2011/03/23/mengenal-internet-tv-dan-internet-protocol-tv.bwi, diakses 12 Oktober 2020).

Sistem Informasi. 2018. Perkembangan Teknologi Informasi Masa Kini, (Online), (https://si.ittelkom-pwt.ac.id/2018/03/03/perkembangan-teknologi-informasi-masa-kini/, diakses 12 Oktober 2020).

DotSemarang. 2020. Tren Video Conference di Tahun 2020, (Online), (https://dotsemarang.blogspot.com/2020/06/tren-video-conference-di-tahun-2020.html, diakses 12 Oktober 2020).

Postingan Populer